Tips Membedakan Uang Asli dan Palsu

Tips Membedakan Uang Asli dan Palsu – Salah satu kebiasaan yang paling sering kita sepelekan adalah tidak memeriksa uang kembalian atau pembayaran dari orang lain. Uang palsu makin merajalela dengan bentuk dan gambar yang sangat mirip dengan uang asli. Lalu bagaimana ya cara membedakannya?

Membedakan Uang Asli dan Palsu
Selopus.com

Dilihat

Yap, kampanye dari pemerintah yang sering kita dengar dilihat, diraba, diterawang ternyata menjadi salah satu cara ampuh kita untuk mendeteksi uang yang kita punya. Yang pertama adalah dilihat, pastikan uang yang kamu terima tidak luntur dan memiliki corak serta gambar dengan baik.

Diraba

Setelah melihat dari bentuk fisik uang tersebut, kamu bisa meraba bagian dari uang yang kamu punya. Uang yang asli memiliki tekstur yang kaku dan tebal. Pada angka dan gambar tercetak menonjol sehingga saat kita usap akan terasa menonjol.

Diterawang

Langkah terakhir adalah menerawang di bawah sinar matahari atau lampu yang terang. Lihat tali pengaman dan tanda mata air, pastikan semua dalam kondisi baik.

Cara yang di berikan adalah teknik dasar untuk melihat bagaimana cara membedakan uang asli dan palsu dengan kasat mata. Namun ada acara yang lebih ampuh untuk melihat keaslian uang, yaitu dengan mesin Money Detector yang bisa memancarkan sinar ultra violet yang mampu membantu kamu melihat tanda-tanda lain pada uang kertas. Bank Indonesia mengeluarkan cir-ciri lain pengamanan uang asli untuk mempersulit penggandaan uang palsu. Dengan adanya money detector, kamu akan merasa aman dan tenang jika melakukan transaksi dengan orang lain.

1.    Tanda air

Pada uang kertas terdapat tanda air berupa gambar yang bisa dilihat apabila di terawangkan ke cahaya

2.    Benang Pengaman

Benang terlihat seperti dianyam dan dapat dibuat tidak memendar maupun memendar di bawah sinar ultraviolet dengan satu warna atau beberapa warna.

3.    Cetak Intaglio

Cetakan akan terasa kasar bila diraba

4.    Gambar Saling Isi 

Pencetakan suatu bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan belakang beradu tepat dan saling mengisi jika diterawangkan ke arah cahaya.

5.    Tinta Berubah Warna 

Hasil cetak mengkilap yang berubah warna bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

6.    Tulisan Mikro

Tulisan berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar.

7.    Tinta Tidak Tampak

Hasil cetak tidak kasat mata yang akan memendar di bawah sinar ultraviolet.

8.    Gambar Tersembunyi

Teknik cetak dimana terdapat tulisan tersembunyi yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *