Macam Macam Peralatan Membuat Komik Manga

Manga Set Cover

Kamu suka membaca komik manga? Atau pengen bikin komik versi kamu sendiri? seperti One Piece atau Conan? Buat kamu, Enportu bakal kasih tau nih, apa-apa aja sih alat yang kamu perlukan untuk membuat komik manga. Simple dan mudah di dapat kok! Soal harga kamu tidak perlu kuatir, engga bakal bikin kantong kamu jebol kok!

Kertas

Illustration Book - Spiral - A4 - 150 GSM

Perlengkapan utama yang harus kamu persiapkan untuk membuat komik adalah kertas. Kalo mangaka Jepang sendiri, biasanya menggunakan kertas naskah yang memang khusus digunakan untuk menggambar komik. Tapi, kamu bisa kok menggantinya dengan kertas HVS tebal saja, pilih HVS yang 80 gram ya.

Pensil

Kuru Toga       Lyra sketching pencil

Pensil digunakan untuk membuat sketsa atau gambar dasar manga kamu. Kamu bisa pakai pensil mekanik atau pensil kayu biasa saja. Keduanya bebas-bebas saja kok, kami bisa pilih jenis pensil yang lebih nyaman untuk kamu gunakan saja. Jangan lupakan penghapus ya. Pilih penghapus berkualitas ya,  supaya mendapatkan hasil hapusan yang bersih dan juga tidak meninggalkan noda.

Pena

Mantian mix nibs         eiem wood holder

Kalo sketsa sudah selesai, kamu dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu menggambar komik tersebut dengan pena. Sebelum kamu menggambar, Ada beberapa hal mengenai info tentang pena yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Kalau Maru Pen biasanya digunakan untuk membuat background, gambar pohon atau gedung. Sedangkan G-Pen lebih di khususkan untuk menggambar karakter atau tokoh secara keseluruhan, seperti bentuk mata, wajah atau rambut.

Screentone

ST-Mix2-MT            ST-MS

Loh, Screenstone itu apa? Nah, bagi kamu yang belum tau, Enportu bakal jelasin nih, screentone adalah istilah latar belakang komik yang biasanya bergambar sedikit abstrak. Contohnya saja seperti gambar langit, bintang, dll.

Tinta

Tinta putih correction                tinta shine

Mangaka Jepang biasanya menggunakan tinta ketika melukis komik, bisa tinta putih ataupun hitam. Penggunaan tinta ini berfungsi untuk menghitamkan atau memutihkan beberapa bagian pada gambar komik, misalnya background.

Cutting Mat

Cutting Mat Novus

Supaya alas kamu engga rusak karena penggunaan cutter saat pengaplikasian screen tone, sebaiknya kamu membeli yang bertekstur keras dan tidak mudah tergores. Alas ini juga berfungsi sebagai alat ukur kamu ketika kamu menggunakan panel. Dengan cutting mat ini, proses pengukuran saat memotong screentone kamu akan lebih mudah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *