Bagaimana Cara Merawat Nibs Maru dan G-Pen

Cara Merawat Nibs Maru dan G-Pen
Ardian Julianto

Merupakan pena yang paling sering dipakai oleh mangaka untuk menggambar karakter. Nah, kali ini Enportu ingin berbagi cara merawat Nibs Maru dan G-pen nih.

Tebal tipisnya garis yang dihasilkan mudah divariasikan, meski membutuhkan latihan khusus dan ketelatenan tersendiri untuk bisa menguasai pena ini, karena aliran tintanya yang tidak semulus dan selancar 2 jenis pena lain. G-Pen umumnya digunakan oleh mangaka profesional. Dalam menggunakan dan menyimpan pena ini, harus teliti dan penuh kehati-hatian, karena mata penanya yang mudah merenggang.

Di Indonesia, pena ini masih diimpor. Harganya lumayan mahal. Saya saja cuma punya satu, itu saja sudah rusak

Mata pena yang satu ini bentuknya khas karena bulat, berbeda dengan 2 mata pena lain yang berbentuk setengah lingkaran. Maru Pen umumnya digunakan untuk membuat detail halus, karena tarikan garisnya yang tipis, stabil, dan mulus. Bisa juga untuk membuat karakter, tetapi variasi tebal tipis garis terbatas. Maru Pen, menurut saya, lebih awet dibandingkan G-Pen, karena mata penanya lebih tahan lama dan tidak mudah merenggang.

Untuk merawat nibs Maru dan G-pen sebenarnya cukup mudah.

  1. Apabila kamu telah selesai menggunakannya, cukup kamu elap dengan tissue hingga bersih.
  2. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tinta yang non-waterproof, kenapa? tentu agar tintanya dapat lebih mudah dibersihkan dengan air.
  3. Apabila ada tinta yang sudah mengering di sekitar batangnya, kamu bisa merendamnya dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian tunggu hingga tinta yang menempel luntur.
  4. Ketika meletakan maru dan G-pen, jangan lupa untuk selalu meletakkannya dalam posisi berdiri, dimana mata pena harus menghadap atas.
  5. Hindari juga menekan mata pena terlalu keras.

Nah, tips-tips diatas akan membuat nibs Maru dan G-pen jauh lebih awet loh. Silakan mencoba.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *