Cara Membuat Karakter Anime Laki-laki, Ini Langkah Sederhananya

Cara Membuat Karakter Anime Laki-Laki – Bagi para penyuka gambar anime, mungkin pernah terlintas ingin  membuat karakter anime versinya sendiri, bisa karakter lelaki atau perempuan. Namun, ternyata banyak juga yang masih ragu, bisa  karena merasa tidak yakin dengan kemampuan gambar yang dimilikinya atau masih ragu karena belum tau harus memulainya dari mana. Nah kali ini ingin memberi tips cara membuat karakter anime laki-laki.

cara menggambar anime laki
Google.com

Sebenarnya, cara membuat karakter anime laki-laki itu tidak terlalu sulit seperti yang kamu bayangkan kok. Intinya kamu harus sering-sering  berlatih saja, lakukan latihan dengan meniru contoh karya orang lain juga.

Sebelum memulai tahap  menggambar karakter anime lelaki, hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu adalah  beberapa peralatan utama untuk membuat gambar dasar. Pada tips kali ini, kita  tidak sampai tahapan mewarnai, cukup focus pada kegiatan menggambar dulu saja.

Nah, yang harus kamu siapkan pertama kali adalah peralatan berikut:

  1. Sketchbook, bisa ukuran A4 atau A3, 150 gsm. Jika belum ada, kamu bisa beli sketchbook di Enportu.com
  2. Penghapus pensil
  3. Pensil

Apabila peralatan-peralatan tersebut sudah dipersiapkan, selanjutnya kamu tinggal  ikuti 11 langkah ini:

1 – Awal menggambar, kamu akan menggunakan pensil terlebih dahulu, kemudian buatlah sebuah lingkaran di bagian tengah sketchbook. Buatlah dengan sedikit agak ke atas karena lingkaran tersebut akan menjadi bagian tas kepalanya.

2 – Kemudian buat garis vertikal dan horizontal membelah lingkaran yang telah kita buat. Garis horizontal dan vertikal ini akan menjadi 4 bagian yang melintang. Garis ini akan menjadi garis tengah wajah, akan membantu kita untuk menempatkan mata, hidung, mulut dengan proporsional.

3 – Nah, tahap selanjutnya dengan membaut garis sebagai panduan kamu nanti ketika  membuat posisi mata, telinga, dagu, dan rambutnya. Jika sudah, kamu dapat mem buat gambar rahang dengan cara membuat garis lengkung menuju  lingkaran kiri dan kanan. Untuk gambaran mudahnya

4- Jika sudah, kamu bisa mem buat bulatan untuk matanya, kamu dapat membuatnya seperti halnya ketika kamu membuat telur. Setelah itu jangan lupa buat alisnya.

Nah, Enportu juga punya tips bagaimana cara menggambar garis mata.

Namun, hal ini tidak baku kok, tinggal sesuaikan saja dengan keinginan kalian ya.

5 – Jika sudah, nanti akan  seperti gambar di atas ini.

6 – Setelah itu, ini saatnya kalian menggambar bagian hidung, mulut dan telinganya.

7 – Untuk bagian telinga, kalian  tidak perlu membuatnya dengan besar, cukup sesuaikan  dengan ukuran pola kepalanya. Penempatannya pun dapat  kalian posisikan di sekitar seperempat mata atas. Kalian dapat meihat gambar diatas.

8 – Jika sudah kalian dapat membuat gambar pembatas rambut. Bagaimana cara membuatnya? Cukup dengan menggambar bentuk huruf (W).Biasa ini untuk karakter laki – laki.

9 – Tahap slanjutnya, kalian tinggal membuat bulat tambahan diatas kepalanya. Tahap ini bertujuan agar gambar lebih proposianal dan terlihat seimbang.

10 – Jika sudah, buatlah garis dagu agar lebih hidup. Seperti contoh diatas.

11 – Nah, selanjutnya  kamu tinggal membuat detail matanya agar terlihat lebih hidup. Nah, berikut ini tips bagaimana membuat detail matanya agar lebih bagus. Kamu dapat lihat gambar dibawah ya :

12 – Jika sudah, maka hasilnya akan seperti itu.

13 – Jika sudah, kamu dapat membuat sketsa bantu bentuk dasar rambutnya.

14 – Buat juga model sketsa rambutnya. Tahap ini masih sebagai gambaran sketsa awal saja.

15 – Setelah itu kamu dapat menghapus semua garis bantu. Kemudian buatlah model rambutnya menjadi lebih detail. Jika sudah kamu dapat menghapus semua garis bantu yang ada di rambutnya.  Setelah itu kamu tinggal membuat mata menjadi lebih detail.

Jika sudah rapihkan gambar kamu dengan penghapus. Terkadang  saat  proses penggambaran banyak arsiran pensil yang tidak rapih, kamu dapat hapus dan rapikan bagian tersebut.

Demikianlah Cara membuat karakter anime laki-laki, ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Asal sering berlatih dan mencontoh gambar-gambar dari manga yang sudah ada, nanti kita akan terbiasa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *