Cara Mewarnai Gambar dengan Crayon, Gunakan 5 Teknik Ini

Cara Mewarnai Gambar Dengan Crayon – Crayon adalah salah satu peralatan menggambar dan mewarnai yang paling popular di kalangan anak-anak. Saat kalian kecil atau ketika masih duduk di bangku taman kanak-kanak dulu, pasti alat menggambar pertama kali yang kalian gunakan adalah crayon.

Mewarnai dengan Crayon
Photographyblogger.net

Memang, sepintas crayon memiliki bentuk seperti lilin, namun dengan tekstur lebih lembut. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mewarnai gambar dengan crayon.

Bagi kalian yang sudah mahir, kalian bisa share atau comment tips atau cara yang biasa kalian gunakan ketika mewarnai dengan crayon. Bagi yang masih bingung, kali ini Enportu ingin share tips-tipsnya nih.

Crayon termasuk juga sebagai alat gambar yang cukup mudah digunakan semua kalangan usia. Dengan memiliki variant warna yang cerah dan menarik, membuatnya mudah digunakan ketika kamu ingin mengeksplore warna-warna di setiap objek gambar yang kamu buat.

Cara mewarnai gambar dengan crayon sebenarnya sama juga halnya dengan aktifitas menggambar lainnya. Hal pertama yang harus kamu pikirkan pertama kali adalah tema atau konsep gambar yang ingin kamu gunakan. Paling tidak kamu sudah harus mempunyai gambaran sekiranya apa objek yang ingin kamu buat.

Sebelum mewarnai gambar dengan crayon, pastinya kamu sudh harus memahami terlebih dahulu objek dan konsep dari gambar tersebut. Jika sudah tau konsepnya, tentu kamu akan lebih mudah memilih warna-warna apa saja yang akan kamu gunakan ketika mewarnai dengan crayon nanti.

Sebagai contoh, kamu bisa memilih benda-benda yang ada di sekitar kamu untuk di jadikan objek gambar.

Nah, saat menggambar, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal sebelum memulai melanjutkan tips cara Mewarnai Gambar dengan Crayon berikut. Apa saja itu:

Fokuslah pada Objek atau Wujud Gambar Aslinya

Misalnya, jika kamu ingin mewarnai gambar rumah dengan crayon, maka fokuskan juga bukan hanya pada bentuk rumah tersebut, tetapi juga pada bagian-bagiannya lainnya.

Contohnya ornamen atau pelengkap yang ada pada gambar utama tersebut. Misalkan pada bagian jendela kamu bisa menambahkan vas bunga atau gorden sebagai ornamennya. Untuk mempermudah, usahakan ornament yang kamu gambar memang ada pada objek realnya juga.

Membuat Sketsa

Sebelum mewarnai dengan crayon, membuat sketsa yang tepat juga dapat memudahkan langkah kamu selanjutnya. Untuk membuat sketsa, kamu bisa menggunakan menggunakan pensil HB atau 2B. Bagaimana caranya?

Cukup dengan membuat goresan halus sebagai ancang atau dasar untuk gambar sesungguhnya.

Karena kamu nanti akan mewarnai dengan crayon, maka saat membuat sketsa nanti usahakan jangan terlalu keras menekan pensilnya, kenapa?

Karena bisa-bisa goresannya malah akan meninggalkan bekas walaupun sudah dihapus. Buruknya lagi, lekukan tersebut masih tetap terlihat walaupun sudah kita timpa dengan warna crayon.

Setelah sketsa sudah selesai, selanjutnya kamu bisa langsung mewarnai dengan crayon gambar tersebut. Nah, sekedar tips nih, jika kamu masih merasa goresan tersebut cukup mengganggu, kamu bisa sedikit mempertegas garis sketsa tersebut dengan cara menimpanya dengan pensil warna hitam.

Selanjutnya kita akan membahas teknik sederhana mewarnai dengan crayon, bagaimana tekniknya? Sebenarnya, cara atau dasarnya hampir sama ketika kamu menggunakan pensil warna, yang membedakannya hanya tools dan teksturnya saja.

1. Blocking

Blocking adalah salah satu teknik populer sebagai cara mewarnai gambar dengan crayon. Bagaimana caranya? Caranya dengan memblok bidang gambar menggunakan warna tertentu dengan cara menyapunya secara halus.

Contohnya kamu akan mewarnai daun, maka untuk mewarnainya kamu dapat menggunakan menyapukan warna hijau muda atau kuning untuk memblocking gambar daun tersebut.

2. Gradasi

Teknik selanjutnya yang akan kita bahas adalah gradisi. Setelah proses blocking selesai kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah melapisi bagian yang sudah diblock tersebut dengan warna lain yang masih seirama dan bertingkat.

Misalnya, kamu dapat melapisi warna daun tersebut dengan warna hijau tua atau warna hijau lainnya. Inti teknik ini adalah membuat efek daunnya dengan gelap terang yang apik.

Teknik seperti ini dilakukan dengan cara mendahulukan warna yang gelap dahulu kemudian mentrasisikannya dengan warna yang lebih muda atau terang.

Agar gambar yang kamu hasilkan lebih hidup, kamu dapat mengeksplore kreatif kamu dalam memadukan warna yang biasa kamu gunakan.

Sekedar info tambahan nih sobat Enportu, susuna cat crayon yang baru kamu beli memang sudah disusun berdasarkan tingkat warnanya.

Jadi, usahakan setelah menggunakannya kamu harus meletakkannya kembali sesuai dengan asal tempat pertamanya.

Dengan menempatkannya sesuai urutan standar, tentu akan memudahkan kamu ketika akan menyusun gradasi warna.

3. Mixing

Kemudian, langkah mewarnai dengan crayon selanjutnya yaitu teknik mixing atau pencampuran. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan warna lebih.

Ada dua teknik mixing yang bisa kamu coba. Setiap teknik dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan gambar kamu, pertama teknik goresan linear dan yang satunya goresan circular. Goresan linier biasanya digunakan saat kamu mewarnai gambar langit.

4. Finishing

Langkah akhir atau langkah penutup mewarnai dengan crayon kali ini yaitu finishing. Teknik ini digunakan untuk menghaluskan warna pada bagian-bagian yang masih belum sempurna.

Di tahap ini kamu bisa menambahkan aksen-aksen pelengkap untuk menambahkan kesan gambar kamu sehingga menjadi lebih menarik.

5. Scrabbing

Tahap tambahannya kamu juga dapat melakukan teknik scrabbing atau pengerokan. Apa scrabing itu? yaitu mengerok bagian tertentu dari gambar kamu menngunakan scrabber untuk penyempurnaan. Biasanya pada crayon tertetu sudah disertakan juga alat scrabnya.

Sebenarnya, tahap ke-4 sudah dapat dikatakan selesai. Bagaimana cara tips dan teknik cara mewarnai dengan crayon kali ini.

Mewarnai dengan crayon cukup menyenangkan kok, sembari kita flash back pengalaman pertama kita mewarnai saat masih sekolah dasar dulu.

Jika kamu belum mempunyai crayon, kamu bisa memasnnya di Enportu.com. Temukan berbagai variant dan harga crayon kompetitifShare yuk tips mewarnai dengan crayon versi kalian. Share juga gambar kalian di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *