Cara Memilih Pensil Warna, Pertimbangkan 3 Hal ini Dulu Ya Sobat

Cara Memilih Pensil Warna – Sobat Enportu tau tidak, memilih pensil warna ternyata adalah hal terpenting yang harus sobat Enportu lakukan sebelum mulai aktifitas menggambar, Mengapa? Karena kualitas pensil warna ternyata juga menjadi penentu hasil karya kamu.

Banyak sekali varian produk pensil warna yang ada saat ini, bukan hanya merek, namun juga bentuknya. Berdasarkan pengalaman sobat Enportu, kira-kira apa saja nih yang harus diperhatikan saat memilih pensil warna? Nah, kali ini Enportu ingin berbagi tips mudah dalam memilih pensil warna.

Cara Memilih Pensil Warna
Google.com

1. Pilih Jenis Pensil Warna yang Sobat Enportu Butuhkan

Dipasaran, terdapat beberapa jenis pensil warna yang sobat Enportu bisa gunakan, namun jenis yang paling mudah ditemukan adalah pensil warna jenis klasik. Apa itu pensil warna klasik? Pensil warna klasik adalah pensil warna yang cara penggunaanya biasanya dilakukan dengan teknik arsir. Mudahnya, pensil klasik itu seperti sering digunakan oleh anak-anak TK. Nah, apa saja penjelasan pensil warna klasik itu, dan apa saja jenis-jenis lainnya?

Jenis Pensil Warna Klasik

Pensil jenis ini biasanya sering sobat Enportu temui di toko-toko alat tulis. Pensil warna ini juga termasuk yang umum. Sobat Enportu pasti sering menggambar dengan pensil warna jenis ini. Sifat dari pensil ini termasuk murni, sehingga sobat Enportu tidak bisa memadukannya dengan medium lain, contohnya seperti air.

Jenis Pensil Warna Water Colous atau Biasa Dienal Pensil Warna Cat Air

Pensil jenis ini justru kebalikan dari pensil warna klasik. Pensil Warna Water Colous justru bisa dicampurkan dengan air. Caranya cukup mudah, setelah sobat Enportu mengarsir, sobat Enportu bisa langsung menyapunya dengan kuas yang sudah diberi sedikit air.

Pensil jenis ini biasanya digunakan untuk kamu yang ingin memberikan teknik Aquarel. Apa itu teknik Aquarel? Nah, teknik ini adalah teknik yang dilakukan dengan cara memberikan sapuan warna yang sedikit tipis dengan kuas, namun kamu juga harus menumpuk warna tersebut dengan beberapa warna lainnya sehingga memberikan kesan artistik pada gambar kamu.

Nah, kekurangan dari pensil warna jenis ini yaitu kurang maksimalnya hasil gambar kamu jika sobat menggunakannya teknik arsir. Kenapa kurang maksimal? Hal ini karena sifat dari warnanya yang sedikit lembut dan basah.

Jenis Pensil Warna Pastel

Mungkin sibat Enportu berfikir jenis ini termasuk alat lukis pastel yang biasa digunakan oleh anak-anak. Ternyata, berbeda loh sobat. Saat ini, sudah ada pensil warna yang memang berbahan dasar seperti pastel dan memiliki bentuk sama halnya dengan pensil. Fungsi dari jenis pensil yang satu ini adalah untuk memberikan detail khusus seperti gambal pastel.

Jenis Pensil Warna Lainnya

Selain jenis pensil diatas, ternyata sudah ada juga loh pensil yang berbahan dasar dari kapur. Bahkan, sudah ada juga pensil warna yang bisa digunakan untuk menggambar pada medium kaca. Sayangnya, sobat Enportu tidak bisa menemukannya ditoko alat tulis biasa. Biasanya kamu dapat menjumpainya di toko alat khusus lukis ataupun toko alat tulis besar.

2. Pilih Jenis Pensil Warna Berdasarkan Kebutuhan Artistik

Sebelum sobat memutuskan membeli pensil warna, ada hal lain yang harus sobat ketahui lagi nih, yaitu tentukan keinginan kamu ataupun kegunaan dari pensil warna tersebut. Jika sobat ingin menggunakan teknik arsir, maka kamu harus memilih pensil warna jenik klasik.

Namun, jika sobat ingin menggunakan teknik arsir dengan aquarel, sebaiknya sobat memilih Pensil warna water colour base. Atau, pilihan lainnya sobat bisa menggunakan teknik arsir yang dipadukan dengan teknik blok,  bagaimana caranya? sobat bisa memilih pensil warna pastel.

3. Pilihlah Merek yang Sudah Terkenal Kualitasnya

Sobat pasti pernah mengenal istilah harga menentukan kualitas. Nah, sama halnya dengan pengertian itu, merek juga menjadi hal yang penting. Biasanya merek yang sudah terkenal, kadang mampu memberikan hasil gambar yang lebih baik.

Pensil warna yang baik itu biasanya mempunyai pigmen warna yang lebih tajam. Pigmen pada warna tersebut, bisanya dilapisi dengan pasta sejenis lilin. Tips lagi nih sobat, jika pensil warna yang subat Enportu beli ternyata memiliki kualitas kurang bagus, biasanya saat sobat membuat coretan atau arsiran, biasanya akan terasa sedikit agak keras.

Sedangkan, ciri pensil yang bagus yaitu ketika sobat membuat coretan ataupun arsiran, maka akan terasa lembut. Citi lainnya yaitu pensil yang sobat gunakan akan lebih mudah untuk dikontrol, khususnya ketika sobat membuat gradasi warna.

Dipasaran, ada beberapa top brand yang sobat bisa pilih, anta lain seperti, Derwent, Prismacolor, Lyra, Caran d’Ache dll. Sobat Enportu bisa cek Enportu.com. Banyak sekali varian dan jenisnya, tergantung kebutuhan sobat Enportu.

Nah, bagaimana Cara memilih pensil warna kali ini, semoga bisa menjadi refrensi sobat dalam memilih pensil warna. Enportu.com jual pensil warna dengan harga kompetitif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *