Fungsi Stampel Bagi Perusahaan

Fungsi Stampel Perusahaan – Stempel dan cap ternyata adalah dua benda yang berbeda, namun berhubungan sangat erat. Lantas, apa itu stempel? Stempel sendiri adalah alat yang memiliki permukaannya dengan ukiran gambar, tulisan ataupun keduanya.

Google.com

Pada praktiknya, stempel hampir memiliki pengertian yang sama dengan cap ataupun meterai, meskipun cara penggunaanya berbeda. Ketiganya merupakan bentuk simbolis untuk merepresentasikan keberadaan atau kehadiran seseorang, perushaan atau institusi.

Berdasarkan fungsinya sih stempel lebih bertujuan sebagai tanpa pengenal dari orang  atau institusi yang namanya tertera ataupun yang bertanda tangan dalam dokumen tersebut. Pada praktiknya, hanya dengan nama dan tanda tangan saja sebenarnya sudah cukup, namun  dengan stempel, temtu akan membuat kesan yang semakin kuat.

Contohnya pada tanda tangan dalam sebuah kontrak perjanjian. Tanda tangan yang telah dibubuhkan oleh pihak yang bersangkutan dalam kontrak tersebut, mengandung arti bahwa semua pihak sudah menyetujui kontrak tersebut, termasuk semua yang tertera di isinya. Lantas, apa stempel masih dibutuhkan jika tanda tangan dan matrai saja sudah cukup?

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 37/M-Dag/Per/9/2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan, penggunaan stampel telah disinggung, yaitu tentang penggunaan stempel perusahaan yang berfungsi untuk lebih memperkuat keabsahan dokumen. Untuk memperjelas dokumen apa saja yang diharuskan untuk memuat stempel, Anda dapat baca lampiran Permendag lebih lanjut.

Bisa dibilang penggunaan stampel memiliki fungsi yang cukup penting. Banyak tempat jual stampel saat ini, jika Anda ingin memesannya secara online, Anda bisa memesannya di Enportu.com. Dengan proses pengerjaan hanya beberapa hari saja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *