Cara Memilih Pensil untuk Menggambar, Perhatikan 4 Hal ini

Cara Memilih Pensil – Memilih pensil untuk kegiatan menggambar memang menjadi hal yang cukup penting. Namun, terkadang hal ini sering luput dari perhatikan kita. Untuk kamu yang hobi menggambar, atapun kamu pengguna pensil dalam setiap karya yang kamu buat, rasanya mulai sekarang harus memperhatikan hal ini.

 

Pensil
Google.com

Selain untuk menggambar dasar, pensil juga digunakan untuk membuat sketsa. Biasanya, pensil ini hanya sebatas untuk sketsa saja. Kemudian, sketsa itu akan diperjelas dengan peralatan mewarna lain.

Agar kamu bisa  mendapatkan sketsa gambar yang jelas, tentu kamu harus menggunakan pensil berkualitas terbaik. Itulah mengapa memilih pensil menggamabar termasuk hal yang penting. Lalu bagaimana sih cara memilih dan mendapatkan pensil yang bagus itu? Nah, kali ini Enportu punya tipsnya untuk kamu. Ini nih caranya, simak ya.

1. Pensil Harus Berbentuk Simetris

Bagaimana bentuk simetris itu? Maksudnya, bentuk pensil tidak memiliki lekukan-lekukan pada batangnya. Loh kenapa harus simetris? Begini nih sobat Enportu, pensil yang memiliki batang dengan banyak lekukan ternyata akan mudah patah.

Saat memagang pensil, tentu kamu ingin merasakan genggaman yang nyaman bukan? Pensil yang tidak simetris atau memiliki banyak lekukan, tentu akan mempengaruhi egronomisnya. Saat kamu menggunakan teknik tertentu, seperti mengarsir misalnya, secara tidak langsung pensil yang tidak simetris akan mempengaruhi hasil guratan gambar yang kamu buat.

2. Kualitas Kayu pada Batang Pensil

Hal penting selanjutnya adalah kualitas batang kayu. Beberapa merk pensil yang ada dipasaran saat ini cenderung memiliki batang kayu yang sangat mudah sekali patah. Jika sobat menemukan kayu yang bertekstur ringan dan terlihat rapuh, bisa dipastian  pensil itu kurang baik kualitasnya.

Nah, usahakan Kamu pilih pensil bertekstur padat ya sobat, sehingga resiko patah saat digunakanpun kecil. Selain itu, pensil yang memiliki gagang yang kuat tentu akan lebih tahan lama. Coba bayangkan, jika kamu menggunakan pensil yang kurang baik kualitasnya, yang ada hanya menghabiskan uang kamu saja. Karena pensil sering patah, otomatis kamu juga akan sering membelinya bukan?

3. Pastikan Isi pada Pensil Berwarna Hitam Legam

Secara umum pensil dapat dibagi ke dalam beberapa jenis. Jenis ini bisa diklarifikasi juga berdasarkan ketebalan isinya. Semakin tinggi kriteria sebuah pensil, maka semakin hitam pula kekerangan warna yang dihasilkan.

Nah, kriteria inilah yang harus kamu sesuaikan. Kamu dapat sesuaikan kriteria warnanya sesuai dengan kebutuhan kamu. Setiap kriteria, tentu memiliki kegunaan yang berbeda-beda.  Contohnya, saat kamu menggambar sketsa, kamu bisa menggunakan pensil dengan kriteria warna hitam yang sedang.

 4. Sesuaikan Panjang  dan Diameter Pensil

Jika kamu ingin menggambar sketsa, tentu pensil yang kamu gunakan harus memiliki panjang dan diameter yang sesuai. Maksudnya, ukuran panjang dan diameter pensil harus pas atau nyaman saat kamu menggenggamnya.

Sebenarnya tidak ada ukuran baku untuk panjang pensil yang nyaman itu. Kamu hanya perlu menyesuaikannya saja. Jika pensil dirasa sudah terlalu pendek, kamu bisa ganti dengan yang baru.

Walaupun diameter pensil hampir sama, namun bentuknya pasti berbeda-bedakan? Ada yang persegi enam ataupun bundar. Bentuk inilah yang secara tidak langsung akan mempengaruhi diameter pada pensil. Walaupun hanya sepersekian milimetre saja, namun hal ini juga mempengaruhi kenyamanan menggenggam kamu.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu jadikan refrensi saat memilih pensil untuk menggambar. Bagaimana menurut? Apa lagi sih yang harus kita perhatikan  selain ke 4 Poin diatas. Share yuk di sini. Enportu.com jual pensil yang kamu butuhkan disini ya.

Jual Pensil


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *