Sealing Wax, Ini Pengertiannya

Sealing Wax, Ini Penjelasannya – Sealing Wax adalah lilin segel yang digunakan untuk mempercantik undangan atau amplop Anda. Selain untuk membuat kesan formal, sealing wax juga mampu membuat undangan/amplop Anda terlihat berbeda. Cara penggunaannya sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan Glue Gun ataupun mencairkannya langsung dengan bantuan tungku pemanas, tergantung bentuk sealing wax yang kalian miliki.

Sealing wax sendiri memiliki 2 bentuk, yaitu stick yang penggunaannya bisa dengan bantuan Glue Gun, dan satu lagi berbentuk persegi. Awalnya, wax digunakan untuk memverifikasi dokumen bahwa dokumen tersebut belum pernah dibuka sebelumnya.

Tempat Jual Sealing Wax
Google.com

Sealing wax sendiri pertama kali digunakan pada abad ke-16. Sebelum Sealing Wax ditemukan,bangsa Romawi menggunakan material berupa aspal. Sealing wax mengalami perubahan tepatnya setelah dibuka perdagangan antara Eropa dan Hindia.

Tepat di Abad Pertengahan, Sealing Wax mulai dibuat dari lilin lebah dan ‘Venice terpentin’. Venice terpentin sendiri adalah ekstrak resin kuning kehijauan dari pohon Eropa Larch. Lilin pada awalnya tidak berwarna, kemudian lilin mulai berkembang dengan adanya sealing wax berwarnai merah.

Barulah pada awal 1866, sealing wax sudah memiliki banyak warna, seperti: emas (menggunakan mika), biru (cat biru atau verditer), hitam (menggunakan lampu hitam), putih (menggunakan timah putih), kuning (menggunakan turpeth mineral merkuri, juga dikenal sebagai Schuetteite), hijau (menggunakan verdigris) dan warna lainnya.

Beberapa pengguna, seperti British Crown, ditugaskan untuk menggunakan warna yang berbeda untuk berbagai jenis dokumen yang berbeda pula.

Cara Penggunaan Sealing Wax

Sealing Wax tersedia dalam bentuk tongkat atau stick, namun ada juga yang menggunakan sumbu. Untuk Penggunaanya pun cukup mudah. Hanya perlu melelehkan di salah satu ujungnya, tetapi jangan sampai menghitam. Atau, potong menjadi beberapa bagian kecil, kemudian panaskan dalam sendok dan panaskan dengan api. Setelah itu, lelehkan di mana lokasi yang diperlukan, biasanya pada bagian lipatan amplop.

Sejak era modern saat ini, penggunaan Sealing Wax bukan hanya sekedar penanda bahwa surat masih dalamkeadaan tertutup.Cara penggunaanya pun sudah lebih fleksibel dan praktis, Hal ini ditandai dengan dibuatnya lem-gun Sealing sebagai alat pemanas sealing waxnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *