Cara Mengemas Barang (Packing) yang Baik. Ini Langkahnya

Cara Mengemas Barang (Packing) – Kamu pemilik toko online? Bingung cara  mengemas barang? Memang, ketika kita menyerahkan proses pengiriman ke pada jasa pihak ketiga, mungkin akan timbur rasa was-was karena takut barang yang kita kirim akan rusak saat diterima konsumen, jika sudah seperti itu, tentu kitalah yang akan menerima komplainnya. Kerusakan barang sendiri, memang bisa saja terjadi karena pihak jasa pengiriman tersebut sembrono atau tidak hati-hati saat pendistribusiannya.

Cara Mengemas Barang (Packing)
Pacificmovingcanada.ca/

Setiap barang tentu memiliki penanganan dan cara mengemas barang yang berbeda-beda. Terlebih, jika barang akan dikirimkan dengan jasa pihak ketiga.

Mungkin, tujuan terpenting dari packing adalah untuk menjaga benda yang ada didalamnya tetap aman dan terhindar dari resiko kerusakan, benturan dan menjaga privacy barang tersebut.

Namun, ternyata cara mengemas barang atau packing juga menjadi salah satu penilaian kostumer terhadap toko online kita. Semakin baik packing yang kita lakukan, tentu menandakan kita sebaga online shop yang menjunjung kepuasan konsumen.

Packing atau cara mengemas barang haruslah disesuaikan dengan jenis barang yang akan kamu kemas. Apabila packing tidak tepat, tentu akan beresiko rusak. Begitu halnya dengan lebar dan ukuran packing yang ber dimensi besar.

Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja peralatan dan cara mengemas barang yang baik, berikut ini Enportu berikan tipsnya.

Tentukan Jasa Ekspedisi yang Akan Kamu Gunakan

Sebelum mengemas barang, sebaiknya kamu tentukan perusahaan ekspedisi apa yang ingin kamu gunakan, jenis pengiriman apa yang akan kamu pilih, berapa biayanya dan berapa lama estimasi pengirimannya.

Pilih juga jasa ekspedisi yang memiliki fasilitas online tracking, seperti Pos, JNE dan Tiki. Dengan adanya fasilitas ini kamu dan penerima dapat dengan mudah melihat status kiriman paket tersebut.

Kenali Sifat dan Jenis Barang Tersebut

Kamu harus mengenali sifat barang yang akan dipaketkan. Apa mudah rusak? Berbentuk cair atau padat? dan hal-hal lainnya.

Tentukan Jenis dan Peralatan yang Biasa Digunakan saat Mengemas Barang

Amplop coklat atau yang  dikenal sebagai kertas pembungkus merupakan peralatan packing yang dapat digunakan untuk barang-barang yang tidak mudah rusak jika tertumpuk, walapun benda tersebut lebih berat. Penggunaan amplop coklat saat packing atau pengemas barang biasanya untuk benda-benda seperti: surat-surat, pakaian, buku, majalah, dokumen dan lainnya.

Bubble wrap berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran dari luar. Bubble wrap sendiri bukan lah alat untuk melindungi barang dari tekanan. Umumnya, bubble wrap digunakan untuk melapisi barang elektronik yang berukuran kecil dan ringan, contohnya: handphone, gadget dan sparepart komputer. Karena bubble wrap bukan untuk menahan tekanan, maka kamu juga harus menggunakan perlatan packing lain yang dapat menahan tekanan.

Styrofoam atau polystyren adalah peralatan packing yang terbuat dari material polimerisasi. Styrofoam dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk. Namun, pada umumnya dibentuk kotak atau boxs. Styrofor, juga biasa digunakan untuk benda-benda elektronik yang berskala besar. Selain itu styrofom juga sering digunakan sebagai alat mengemas buah-buahan, telur, bahkan barang pecah belah, contohnya piring, dan gelas

Kardus atau boks karton merupakan alat packing yang dibuat dari kertas corrugated sheet atau corrugated paperboard. Kardus berfungsi juga untuk menahan dorongan dan tekanan dari luar. Namun, kekuatannya dalam menahan tidak begitu baik. Umumnya, penggunaan kardus karton akan dikombinasikan dengan styrofoam agar perlindungannya lebih sempurna.

Peti kayu adalah alat packing yang biasanya digunakan sebagai alat pengemas ekstra. Sebagai pelindung terluar, peti kayu bisa dibilang sebagai peralatan packing tambahan. Umumnya digunakan untuk barang berjenis pecah belah dan elektronik. Peti kayu bisa dibuat dibuat dari papan yang dibentuk menyerupai rangka. Penggunaan peti kayu juga sangat disarankan jika pengiriman yang kamu lakukan lintas pulau.

Packing dengan Rapih dan Cantumkan Informasi Selengkap Mungkin

Jika sudah, Packinglah barang tersebut serapi mungkin, jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat pengirim sekaligus penerimanya. Lebih baiknya, kamu gunakan label yang sudah di print.

Nah, bagaimana cara mengemas barang diatas? Memang, terkadang serapih apapun kita melalukan packing, kerusakan bisa saja terjadi karena kelalaian pihak ekspedisi. Namun, bukan berarti kita tidak memiliki tanggung jawab sebagai penjual bukan?

Yuk, temukan berbagai perlengkapan packing di Enportu.com. Enportu jual alat packing seperti, pita perekat (lakban), bubble wrap, plastik wrapping dan lainnya. Cek harganya yuk sekarang di sini!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *