Mengecat Gundam dengan Cat Acrylic

Mengecat Gundam dengan Cat Acrylic – Para pencinta Gundam pasti tau bagaimana keseruan ketika proses merakit Gundam. Bukan hanya merakit, terkadang banyak juga pencinta gundam yang ingin mengcostumize Gundamnya agar terlihat berbeda. Salah satu caranya adalah dengan mengecatnya dengan warna favoritnya. Untuk mengcostumize warna, biasanya pencinta Gundam melakukannya dengan mengecat. Salah satu jenis cat yang cukup direkomendasikan adalah cat acrylic.

Apa itu Cat Acrylic?

Cat acrylic dibuat dari plastik berbahan polietilen dan dapat mengeras saat mengering. Cat acrylic juga berperan sebagian bahan aditif yang membuat cat terlihat lebih tebal, tipis, dan kering lebih lambat. Saat sudah mengering, cat acrylic akan sangat sulit dihapus. Cara terampuh untuk menghapusnya adalah dengan larutan alkohol khusus. Cara penggunaan cat acrylic cukup bervariatif bisa digunakan pada media berjenis kanvas, kain, kayu dan lainnya.

Cat acrylic sebenarnya dapat dicampur menggunakan air, namun maksimum penggunaannya hanya 30%. Pencampuran di atas itu ditakutkan akan mengurangi kualitas dari cat acrylic tersebut.

Mencampur dengan air akan membuat tampilan cat acrylic nampak lebih lembut dan transparan.

Karena sifatnya yang sangat mudah mengering, pastikan saat mengaplikasikannya kamu lakukan secepat mungkin. Jika sudah mengering, cat akan lebih sukar dihapus.

Tips Menggunakan Cat Acrylic

Saat akan menggunakan, pastikan kamu hanya menuangkan beberapa kali saja, mengapa? Hal ini karena sifatnya yang sangat mudah mengering.

Sebelum menggunakan kuas, pastikan juga untuk mengeringkannya setelah kamu membilasnya.

Hal ini agar tidak ada tetesan air yang jatuh di permukaan medium.

Saat mengguanakn cat acrylic, kamu juga dapat mencampur warna tertentu dengan warna putih. Cara ini dilakukan agar kontras warna cat terlihat sedikit buram. Kamu juga dapat mencampurnya dengan sedikit air untuk mendapat efek warna seperti transparan.

Mengecat plastik secara manual adalah metode paling sederhana. berbeda dengan air  brush, mengecat gundam plastik menggunakan kuas akan lebih membutuhkan kesabaran. Karena dilakukan secara manual, tentu ketelitian juga menjadi satu keharusan. Secara keseluruhan, mengecat gundam denga cat acrylic cukup menghasilkan tampilan yang cukup bagus, namun tetap tidak sebagus airbrush. Untuk kamu yang tertarik mengecat gundam menggunakan acrylic, berikut ini tahapan yang harus kamu perhatikan.

Mengecat Gundam dengan Cat Acrylic

Cara Mengecat Gundam

1. Tahap Pemilihan Kuas

Di pasaran saat ini, terdapat banyak jenis dan merek kuas yang bisa kamu dapatkan. Memilih kuas termasuk salah satu hal pertama yang harus kamu perhatikan. Secara tidak langsung, kualitas bulu pada kuas akan berperan pada tebal, tipis dan meratanya warna cat acrylic tersebut, khususnya saat kamu mengoleskan kuas ke gundam tersebut.

Pilih kuas dengan karakter yang halus. Jika kamu mengecat di permukaan lebar, gunakan kuas  berjenis flat. Untuk detailing, gunakan kuas berkarakter pointed/lancip.

2. Memulainya dengan Mengecat Secara Tipis Terlebih dahulu

Sebelum memulainya, kamu harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Dimulai dengan mengencerkan cairan  cat hingga seperti kurang lebih seperti pada kekentalan susu. Ingat ya, jangan sampai cat bertekstur licin. Jika saat dipengang terasa sedikit licin, berarti pencampuran cat acrylic tersebut keenceran.

Untuk komposisi, kamu dapat memulainya dengan 3/5 cat dan 2/5 pegencer. Namun, hal ini juga tidak baku. Kamu dapat menyesuaikan sesuai hasil yang diinginkan. Langkah selanjutnya adalah membasahai kuasnya dengan air terlebih dahulu.

 

Saat akan  menyapukan kuas ke gundam plastik, lakukan secara perlahan. Lakukan secara tipis saja. Saat melakukan pengecatan, kesabaran kamu akan sangat penting. Jangan sampai cat yang kamu sapukan terlalu tebal, bahkan sampai tidak rata. Pastikan juga untuk melakukannya sampai sedikit mengering dahulu, baru dioleskan kembali.

3. Lakukan Pelindung Sebelum Menimpanya dengan Warna lain

Jika kamu berniat menimpa warna lain di atas lapisan warna pertama, disarankan untuk memberikan lapisanan pelindung terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar warna yang tidak menjadi buram ataupun tercampur. Kamu bisa menggunakan topcoat, namun usahakan untuk meyemprot topcoat secara tipis saja.

Bagaimana cara mengecat Gundam denga cat acrylic kali ini? Tertarik mencoba?

Refrensi: di sini.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *