Manfaat Brick Toys untuk Kreatifitas Anak

Brick Toys adalah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang terkenal di dunia khususnya di kalangan anak-anak atau remaja tidak pandang lelaki ataupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta kepingan lain bisa disusun menjadi model apa saja. Mobil, kereta api, bangunan, kota, patung, kapal, kapal terbang, pesawat luar angkasa serta robot, semuanya bisa dibuat.

Terdapat banyak sekali jenis permainan brick toys yang beredar di pasaran, mulai dari yang berharga relatif murah hingga yang berharga relatif mahal tergantung dari mutu bahan dan jumlah potongan brick toys. Permainan lego ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi tumbuh-kembang kecerdasan anak. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan brick toys untuk Anak?

Manfaat Brick Toys Bagi Anak

Berikut ini ada 10 manfaat brick toys untuk Anak.

1. Lego hadir dengan berbagai macam warna. Saat anak bermain, orang tua dapat mengenalkan atau bertanya warna apa yang sedang dimainkan oleh anak.

2. Bentuk dan ukuran lego yang beragam juga merupakan media pembelajaran bagi anak, sehingga anak dapat mengenal bentuk balok dan persegi panjang.

3. Saat anak menyusun lego, anak sedang melatih koordinasi antara mata dan tangan.

4. Menggenggam dan membuka pasang lego dapat melatih motorik halus anak.

5. Pemilihan warna dan hasil bangunan yang dibuat anak dapat melatih jiwa seni anak.

6. Pada bagian atas lego terdapat bulatan-bulatan timbul yang bisa dijadikan media belajar berhitung untuk anak.

7. Jangan heran saat anak selesai menyusun, kemudian ia berkata, “Pesawat Mi! Rumah Mi!” dan lainnya yang jika dilihat sebenarnya belum menyerupai apa yang anak sebutkan. Inilah yang disebut imajinasi dan kreatifitas. Puji dan beri penghargaan agar anak mau mengeksplor lebih banyak lagi berbagai macam bentuk sesuai imajinasi dan kreatifitas mereka.

8. Kecerdasan parsial atau kecerdasan ruang termasuk diantaranya kecerdasan dimensional dapat dilatih dan dikembangkan melalui konsep dasar bangun ruang mengenai panjang, lebar dan tinggi sebuah bangun.

9. Jika dimainkan secara bersama-sama dengan teman atau dengan saudara, secara tidak langsung anak akan berlatih berkomunikasi dan mengemukakan ide, bagian mana yang akan dipasang dan akan membuat apa.

10. Kondisi motorik halus yang masih perlu dilatih membuat anak-anak sering tidak sabar dalam merangkai lego. Saat memasang membutuhkan ketepatan posisi antara satu dengan yang lain, sehingga perlu motivasi dari orang tua agar anak mau berjuang dan bersabar dalam mengerjakannya.

Agar manfaat bermain dapat dirasakan optimal oleh anak, maka diperlukan pendampingan oleh orang tua. Selamat bermain bersama!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *