Sejarah Singkat Tentang Hari Batik Nasional Untuk Anak Muda

Beberapa dari kita tentu mengetahui bahwa tanggal 2 Oktober merupakan hari batik nasional dan selalu diperingati setiap tahunnya. Cara memperingatinnya sangatlah sederhana yaitu bangga menggunakan batik pada hari itu. Ya, memang kecintaan kita pada batik tidaklah harus pada tanggal tertentu saja, akan tetapi bisa kapan saja.

Hari batik disahkan pada tanggal ini adalah karena UNESCO akhirnya mengukuhkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia pada tanggal 2 Oktober tahun 2009. Proses untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia, membutuhkan waktu 1 tahun untuk mendapat pengukuhan tersebut.

Awalnya dari pengukuhan batik sebagai warisan budaya Indonesia ini adalah karena kegeraman masyarakat Indonesia sendiri kepada Malaysia yang dengan seenaknya mengklaim banyak budaya Indonesia, seperti Reog Ponorogo, Tari pendet, Gamelan, begitu juga dengan batik.

Akhirnya, setelah itu pemerintah pun mendaftakan batik pada 3 September 2008 dan secara sah berkas tersebut diterima oleh UNESCO pada tanggal 9 Januari 2009. Dan, pada tanggal 11-14 Mei  2009 UNESCO pun melakukan pengujian secara tertutup pada batik di Paris. Setelah itu barulah tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik sebagai milik Indonesia.

hari batik
Image source: orangkreatif.kinja

Setelah itu berdasarkan surat keputusan presiden tanggal 2 Oktober pun ditetapkan sebagai hari batik nasional, hingga saat ini. Dengan memakai batik membuat kita bangga, bahwa sebagai rakyat Indonesia kita memiliki warisan budaya yang luar biasa dan tidak boleh diambil oleh negara manapun.

Beda dengan dulu, untungnya anak muda zaman sekarang tidak malu menggunakan batik. Perlu kita ancungkan jempol, bahwa anak muda sekarang sudah menganggap batik sebagai hal yang keren dan epic bila digunakan.

Dengan begitu warisan budaya ini pun semakin melekat erat di hati semua masyarakat Indonesia, disetiap lapisan masyarakat. Tidak hanya yang tua tapi juga anak muda, tidak hanya para pekerja kantoran, tetapi juga mereka yang kerja dilapangan pun harus bangga menggunakan batik.

Tidak hanya batik, akan tetapi warisan budaya lainnya pun perlu kita lestarikan bersama-sama seperti reog ponorogo, tari pendet, tor-tor dan masih banyak lagi warisan budaya yang wajib didarftarkan ke UNESCO sebenarnya.

Sebagai anak muda Indonesia, ada baiknya mulai sekarang kita mencari tahu budaya Indonesia mana yang mulai tenggelam atau punah, ada baiknya kita mulai membangkitkanya kembali, karena Indonesia adalah negara dengan banyak keanekaragamannya.

Yuk, mari cintai segala macam budaya Indonesia tidak hanya batik, akan tetapi banyak budaya yang juga perlu dijaga dan dicintai.

Kalau kamu cinta dengan batik, kamu bisa loh mulai belajar membatik mulai dari sekarang, siapa tau kamu bisa memasarkan batik hingga keluar negeri. Enportu menjual berbagai macam peralatan batik yang bisa kamu gunakan, yuk pesan sekarang sebelum kehabisan.

Sekali lagi, SELAMAT HARI BATIK NASIONAL dan MARI BANGGA MENGGUNAKAN BATIK.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *